Rabu, 02 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar(1)


Name          : Tsnia S.K
Class           : 2SA01

Pengaruh Budaya Luar di Kalangan Masyarakat Indonesia

S
eperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, budaya luar sudah marak sekali memasuki Indonesia. Jangan heran bila kini Indonesia hampir kehilangan jati dirinya. Bukankah Indonesia  memiliki budaya yang sopan dan saling berbaur? Tapi saya merasa Indonesia sudah tidak menampakan itu semua. Ya, itu hanya sebagian kecil dari apa yang saya amati dari layar kaca televisi dan semua yang di sekitar saya.
                Nah, pengaruh budaya luar yang saya maksud sebagai satu contoh saja, adalah dengan maraknya film-film luar dan genre-genre music luar negri. Sebenarnya tidak salah bila mereka masuk dengan membawa hawa positif, dan memang benar itulah tujuan mereka. Tapi kebanyakan masyarakat Indonesia tidak memanfaatkan itu dengan sebaik-baiknya. Mereka mencoba mengikuti tren tersebut dengan penyanyi baru yang bahkan belum cukup dalam kualitas, atau membuat suatu film yang mungkin tidak masuk akal melebihi film luar tersebut. Jika kita ingin menunjukan kehebatan kita bahwa kita juga bisa seperti mereka, bukankah kita harus lebih memikirkan kualitas yang jauh lebih bagus dari mereka?
                Masyarakat akan senang dengan sesuatu yang baru, tapi tidak dengan sajian yang kurang baik begitu. Para artis maupun penyanyi Indonesia yang tadinya selalu menutupi aurat mereka, kini dengan bangga memamerkan keindahan tubuhnya karena budaya luar itu yang tidak cocok untuk budaya Indonesia. Bolehlah masyarakat Indonesia membanggakan budaya luar sebagai inspirasi, tapi akan lebih bangga bila kita bisa menyaingi mereka dengan kereativitas kita sendiri yang tak keluar dari budaya sendiri.
                Pastilah ada beberapa orang yang menyadarinya dan ingin sekali merubah kebiasaan masyarakat yang latah dengan sesuatu yang baru itu menjadi lebih baik. Akhirnya begitulah pengaruh budaya luar untuk masyarakat Indonesia sampai sekarang, dan akan lebih berlanjut bila tak ada yang menghentikannya atau bila masyarakat Indonesia tak ada yang mau merubahnya .

                Budaya luar memang sangat bagus dan menyenangkan, tapi masyarakat harus tahu bahwa kita(masyarakat Indonesia) memiliki budaya sendiri yang wajib dipertahankan jika tidak mau kembali dijajah. Memang sulit untuk menunjukan kereativitas sendiri pada dunia, karena banyak dari mereka pun yang tak ingin melihatnya dan lebih memilih cara gampang. Itupun salah satu alasan mengapa Indonesia mudah sekali dipengaruhi budaya luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Brikan Komentarmu. Supaya Karyaku Semakin Baik Untukmu :)