Rabu, 02 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar(2)

Name          : Tania S.K
Class           : 2SA01

Pengertian Ilmu Sosial Dasar
                adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek tertentu yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.

Ruang Lingkup
            Bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan menjadi 3 golongan :
  1. Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam mmasyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Monsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elemnter saja, yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
  3. Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial di  antara yang satu dengan yang lainnya itu berbeda.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
1.      Mahasiswa memiliki kesiapan untuk menekuni dunia keilmuan.
2.      Mahasiswa bisa mengerti dan memahami prinsip  filsafaat ilmu sebagai landasan untuk mengerti dan memahami berbagai fenomena sosial kontemporer.
3.      Mahasiswa mampu memahami berbagai konsep ilmu sosial yang akan digunakan sebagai instrumen memetakan segala problematika sosial kemasyarakatan.

Ilmu Sosial Dasar bisa membahas apa saja yang berhubungan dengan masyarakat di Negara kita sendiri. Bisa berupa permasalahan masyarakat dalam bidang ekonomi, budaya, maupun hokum, dan sosialisasi. Semua berdasarkan fakta yang ada, dan dikembangkan menjadi suatu ilmu dalam pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Brikan Komentarmu. Supaya Karyaku Semakin Baik Untukmu :)