Sabtu, 11 April 2015

Jurnalistik - Telaah Novel Sastra

Telaah Novel “SAMAN” (Bab 3)
Karya: Ayu Utami

 

Latar Belakang
SAMAN adalah novel yang bercerita pada zaman orde baru, novel yang telah mendapat penghargaan Price Clause Award ini memiliki latar belakang sosial, ekonomi, dan politik. Salah satu bahasannya adalah sebagai berikut:

1.    Latar belakang sosial
Ketika Wis/Saman mendapat pekerjaan disebuah desa, yang tak lain adalah desa tempat tinggalnya ketika masih kecil. Dia memiliki hubungan yang baik dengan semua penduduk desa tersebut, meski sebelumnya dia dicurigai sebagai pastur yang hendak menyesatkan beberapa penduduk, Wis mampu membuktikan bahwa dia benar-benar hanya berniat membantu desa tersebut tanpa imbalan apapun dan tanpa alasan apapun. Disaat warga desa mendapat ancaman dari para kelas Borjuis, Wis ikut terlibat untuk membela warga. Mulai ancaman ringan hingga pembakaran rumah warga, Wis dan para warga bekerjasama untuk mengalahkan para kelas Borjuis tersebut.

2.    Latar belakang Ekonomi
Dari awal para penduduk desa telah berhutang pada suatu perusahaan kelas Borjuis, bagaimana tidak mereka ingin menggususr desa, tentu karena warga desa yang tak mampu membayar. Desa tersebut pun bisa terlihat sangat miskin, bisa dilihat dari listrik yang belum masuk desa mereka. Padahal jarak desa ke Prabumulih yang menjadi kota minyak hanya tujuh kilometer.

3.    Latar belakang Politik
Semua masalah yang diterima oleh para warga adalah karena perebutan hak kekuasaan tanah desa tersebut. Akhirnya para pemberi hutang itu memonopoli lahan tersebut. Wis dan para warga harus menghadapi para petinggi, supaya bisa mempertahankan lahan mereka. Seperti Gubernur yang seharusnya membela hak-hak para buruh lahan tersebut, justru malah mereka dikorbankan demi kepentingan penggarapan lahan baru dan beberapa orang (pemilik modal), ditambah lagi para petinggi itu bekerjasama dengan petugas dan aparat untuk menekan para warga.

1 komentar:

Brikan Komentarmu. Supaya Karyaku Semakin Baik Untukmu :)